Selasa, 03 November 2009

TUGAS PENGANTAR GRAFIK DAN OLAH CITRA

TUGAS PENGANTAR GRAFIK DAN OLAH CITRA

Algoritma Bresseenham

Langkah menentukan pixel untuk membuat garis menggunakan algoritma bresenhem adalah sebagai berikut :
1. Input 2 endpoints, simpan endpoints kiri sebagai (x0, y0) dan kanan (x1,y1)
2. Hitung konstanta Δx, Δy, 2Δy, 2Dx,2Δy–2Δx dan nilai awal parameter keputusan
p0= 2Δy –Δx
3. Pada setiap xk di garis, dimulai dari k=0, ujilah :
Jika pk< pk=" pk+"> 0 maka plot (xk+1, yk+1) dan pk= pk+ 2Δy -2Δx
4.Ulangi tahap 4 sampai mencapai x,y yang di tuju.
Contoh :
Hitunglah posisi piksel hingga membentuk sebuah garis yang menghubungkan titik (4,1) dan (14,8) !
Menentukan endpoints (x0,y0)= (4,1) dan (x1,y1)=(14,8)
Hitung kostanta :
Dx = x1-x0 Dx= 14-4=10
Dy= y1-y0 Dy= 8-1=7
2Dx= 2.10=20
2Dy= 2.7=14
2Dy-2Dx= 14-20= -6pk=p0= 2Dy-Dx pk=p0= 14-10=4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar