Minggu, 11 Oktober 2009

Facebook Tunjukkan Tingkat Kebahagiaan Masyarakat

San Francisco - Facebook merilis aplikasi pengukur tingkat kebahagiaan masyarakat. Ya, aplikasi 'Gross National Happines Index' (GNH) ini menampilkan seberapa bahagia orang-orang.Caranya adalah dengan mengumpulkan data kata-kata yang digunakan di status user Facebook. Namun untuk sementara, GNH hanya terbatas mengukur tingkat kebahagiaan pemakai Facebook di Amerika Serikat.

"Awal tahun ini, ilmuwan data di Facebook memulai proyek untuk mengukur mood dari masyarakat Amerika di Facebook berdasarkan apa yang mereka ekspresikan dari update status," demikian tertulis di blog Facebook.Kata-kata yang dinilai mewakili kebahagiaan termasuk "happy," "yay," dan "awesome,". Sedangkan ketidakbahagiaan diwakili kata-kata seperti "sad," "doubt," dan "tragic".

Masa-masa liburan seperti Thanksgiving atau Natal rupanya melonjakkan tingkat kebahagiaan orang-orang di negeri Paman Sam. Demikian juga dengan hari bersejarah seperti saat kemenangan Obama dalam pemilu presiden.Sedangkan masa-masa kesedihan datang misalnya saat terjadinya krisis ekonomi atau kematian aktor film Batman, Heath Ledger."Untuk melindungi privasi user, kami sama sekali tidak membaca update status dalam riset ini. Komputer yang menghitung kata-kata setelah semua informasi personal telah dihapus," jelas pihak Facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar